A for "The Title" / Children Literature / DAR! Mizan / KKPK (Kecil Kecil Punya Karya) / Uncategorized

[Book Review] Aisha Goes to Space

Image

Judul : Aisha Goes to Space
Penulis : Yunda, 12 tahun
Penerbit : DAR! Mizan

Bumi semakin lama semakin panas! Sudah lama manusia di bumi mempertimbangkan untuk pindah ke tempat lain. Akhirnya, manusia di Bumi pun pindah ke Mars dan Bulan. Dengan naik pesawat besar dan menempuh waktu 9 bulan, Aisha dan keluarganya sampai ke Mars dan memulai hidup baru disana.
Ayah Aisha, Akbar, merupakan salah satu peneliti yang melakukan riset luar angkasa. Aisha diajak ayahnya untuk mengunjungi Bulan. Di Bulan, ada tempat tinggal untuk manusia yang dinamakan Escargot Lunar City. Penasaran, seperti apakah Escargot Lunar City itu? Baca buku ini ya.. ^^

Ini buku cerita anak kecil pertama yang saya baca setelah saya kuliah. Saya cukup terkesan, anak seusia Yunda (12 tahun) dapat menulis karya Fiksi Fantasi seperti ini. Sebagai pecinta novel fiksi fantasi, saya berharap banyak akan kehadiran Yunda di jajaran penulis Indonesia. Apalagi, Yunda sepertinya sangat luas imajinasinya. Bisa mengkonsep sebuah cerita dimana manusia tidak lagi tinggal di bumi, tidak lagi menggunakan transportasi umum masa kini.
Kritik saya untuk buku ini, saya agak bingung dengan pengaturan waktu dalam Aisha. Kalau tidak salah, jarak antara Bumi-Mars 9 bulan. Antara Mars-Bulan juga 9 bulan. Tapi di dalam cerita entah kenapa spertinya ‘mudah’ sekali bagi Aisha untuk bolak balik Mars-Bumi-Bulan. Padahal jika sekali perjalanan saja membutuhkan waktu 9 bulan, berarti butuh waktu lebih dari satu setengah tahun untuk Aisha melakukan perjalanan bolak balik antar planet. Bagaimana dengan waktu sekolah Aisha? Apakah dia diperbolehkan bolos kelas untuk mengunjungi bulan bersama ayahnya?
Lalu bagian dimana Aisha dan ayahnya ‘terdampar’ di Uranus. Setahu saya, Uranus malah lebih jauh lagi dari Mars dan Bumi. Bagaimana bisa dengan cepat Aisha sampai di bulan?
Semoga bisa lebih baik lagi untuk kedepannya, 🙂

Rating for this book : 7/10

Mengikutsertakan review buku ini dalam annual contest 2012 The End of Year Book Contest by Penerbit Esensi & Okeyz
Photobucket

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s