B for "The Title" / Children Literature / Gramedia / Roald Dahl

[Book Review] The Big Friendly Giant by Roald Dahl

7755071 (1)[Title] The Big Friendly Giant (The BFG)

[Author] Roald Dahl

[Publisher] Gramedia

Sophie diculik seorang raksasa! Raksasa itu besar, berkuping lebar, tajam pendengarannya, tinggal di gua di negeri antah berantah, hobi kentut, dan setiap hari pekerjaannya menangkap mimpi untuk dibagi bagikan kepada anak anak di London. Wah, raksasanya baik banget ya? Namanya BFG. Dia justru menyelamatkan Sophie dari 9 raksasa lainnya yang hobinya memakan manusia. Gimana ya petualangan Sophie di dunia raksasaSaya tertarik sama buku ini karena tau pengarangnya yang menulis cerita Charlie and The Chocolate Factory. Jadi perkiraan saya buku ini bakal sama serunya dengan CCF gitu ya.. Saya belum pernah baca buku Charlie and The Chocolate Factory, tapi filmnya kan uda bagus banget gitu. Buku ini agak mengecewakan saya. Ceritanya biasa aja dan gak nyambung secara logika. Saya punya pertanyaan kepada Mr. Dahl. Kalau raksasa itu tingginya lebih besar daripada 3 meter, ketika mereka keluar untuk berburu manusia di bumi, bukankah mereka bakal menginjak injak rumah rumah manusia ya? Soalnya menurut fantasi saya, lebar kaki raksasa itu pasti gede banget dan melebihi jalan. Biarpun si raksasa bergerak dengan cepat dan ditutupi bayangan malam hari, tetep aja keliatan.

Selain itu agak terganggu juga dengan kesalahan eja si raksasa. Mungkin karena terjemahan kali ya, di bahasa Indonesia jadinya aneh, meskipun saya akui ada yang membuat saya tersenyum.

“Tiba tiba BFG melompat. ‘Demi katak kudis!‘ serunya.
Aku baru saja mendapatkan ide yang girang-gemirang!
Apa?‘ tanya Sophie.
Tunggu!‘ seru BFG. ‘Sabar subur jangan kabur! ..

My Rating for This Book: 6/10

Leave a Reply

