Dystopian / Mizan Fantasi / S for "The Title" / Science Fiction / Tahereh Mafi / Uncategorized

[Book Review] Shatter Me (Shatter Me #1)

shatter-me-mizan-copy
Title [Shatter Me]
Author [Tahereh Mafi]
Publisher [Mizan Fantasi]

Negara melihat betapa menguntungkan betapa berbahayanya aku, dan mereka pun memutuskan untuk menyekapku di sebuah penjara menjauhkanku dari manusia normal. Mereka ingin menjadikanku senjata pemusnah menciptakan kedamaian yang sempurna di dunia ini.
Datanglah Adam. Tampan, memikat, memesona, baik hati. Di matanya, aku cantik aku tidak berbahaya. Lalu, kami pun bersekongkol berdiskusi. Adam akan membantuku keluar dari kurungan pengasingan ini, dan kami akan hidup bahagia nun jauh di sana. Itu janjinya.
Tapi, apakah dia bisa menepatinya? Tidakkah dia sadar bahwa suatu saat nanti aku bisa saja mengubah dan menghancurkannya menjadi serpihan abu?

Aku melihat betapa mengancamnya cover buku ini seringnya buku ini disebut sebut di Blog Buku Internasional, dan aku memutuskan untuk menunggu Book Fair selanjutnya untuk membelinya biar dapet diskon membelinya saat itu juga di TB Gramedia terdekat. Aku ingin menambah timbunan di rak buku fantasi merasakan seberapa serunya buku ini.

Juliette tidak gila. Namun, kemampuan sentuhannya yang bisa membakar akhirnya membunuh seorang anak kecil (secara tidak disengaja), dan akhirnya orang tuanya membiarkannya pergi diambil orang lain dan hidup dalam sel. Berlalu dalam kesendirian dan kegelapan, ditemani sebuah buku yang membuatnya agar tetap waras. Tatanan Baru mengambil alih dunia yang selama ini dikenalnya. Sampai akhirnya Adam datang. Adamnya. Masih ingatkah Adam pada Juliette? Sebenarnya apa yang diinginkan Adam darinya?

Berbahaya, penuh perasaan depresi, kadang tidak dimengerti. Alurnya begitu cepat sehingga saya tidak diberi kesempatan untuk mencerna keadaan. Ada beberapa informasi yang missing di awal bab, yang menurut saya sangat disayangkan sekali (menjadi jelas ketika pertengahan bab). Saya berharap ada lebih banyak penjelasan ke masa lalu, apa yang terjadi sebelumnya di awal bab, lalu baru melangkah sebebasnya. Saya dapat menebak maksud si penulis dari sinopsis dan cover buku, namun sampai sekarang *udah selesai bacanya* bahkan saya belum menemukan penjabaran memuaskan tentang Tatanan Baru.

Tokoh dalam novel ini tidak banyak; Juliette, Adam, Warner (Pemimpin Sektor Tatanan Baru), James, Kenji, dan di bagian paling akhir sekali baru muncul karakter karakter lain yang menyebutkan namanya. Dari semua karakter, saya amat paling suka sama Kenji. Kenapa? Karena Kenji membuat suasana di novel ini berputar seratus delapan puluh derajat dengan kehadirannya :D. Pada awalnya saya fikir buku ini akan menjadi campuran antara The Lorien Legacies dan Delirium, tapi ternyata agak sedikit meleset. Karena ternyata lebih merupakan gabungan dari The Lorien Legacies dan Hunger Games.

Yang paling menonjol dari buku ini adalah unsur emosinya, lebih banyak depresi, perasaan  inferior, dan ke-‘labil’-an. Maklum aja, soalnya buku ini diceritakan dari sudut pandang Juliette yang sudah bertahun tahun hidup dalam ketakutan akan kemampuan supernya.

Saya suka bagian akhir ceritanya. Dimana buku lain bertema serupa biasanya di putus pada saat tengah berhasil melarikan diri namun belum ada harapan/tujuan untuk selanjutnya (Delirium, Divergent, Lorien Legacies),  buku ini malah mengakhirinya dengan suguhan ‘masa depan’ yang penuh harapan (spoiler: jadi ternyata selama ini gak cuma Juliette yang punya kemampuan super seperti itu!). Jadinya pas udah selesai baca buku ini sampe bagian terakhir, saya malah penasaran gimana kelanjutan ceritanya, karena bab akhirnya menjanjikan buku kedua yang sama sekali berbeda suasananya dari buku pertama ini (Juliette udah lebih percaya diri dan powerful). Saya juga berharap agar buku keduanya mengembangkan karakter tokoh tokoh yang muncul di akhir bab buku ini, jadi ceritanya gak berputar antara Juliette dan Adam aja.

Akulah rinai hujan.

Orangtuaku mengosongkan saku saku mereka yang berisi aku dan membiarkan aku menguap di atas permukaan beton. (Halaman 16)

3 thoughts on “[Book Review] Shatter Me (Shatter Me #1)

  1. Pingback: [RC Progress (January)] Finding New Authors Reading Challenge 2013 | Book Stacks

  2. Pingback: [RC Progress (March)] New Author RC 2013 | Book Stacks

  3. Pingback: Ulasan buku: My Touch Is Lethal My Touch Is Power | Dina's Pensieve

Leave a Reply

