Atria / Book Review / Children Literature / Elizabeth Cody Kimmel / Paranormal / S for "The Title"

[Book Review] Scaredy Kat (Suddenly Supernatural #2)

Title : Scaredy Kat

Author : Elizabeth Cody

Publisher : Atria

Kat bisa melihat hantu, dan dia tidak senang dengan fakta itu. Kemudian, yang membuat itu lebih parah, arwah-arwah itu juga dapat melihatnya. Bahkan, mereka malah mengantre agar bisa dilihat oleh Kat.

Sebuah tulisan di jendela rumah kosong di sebelah rumahnya telah membuat Kat menjadi seorang penyusup. Dengan rasa penasaran, dia menjelajahi rumah itu dan bertemu arwah lelaki yang beringas, serta arwah seorang bocah lelaki yang terperangkap di dunia ambang dan membutuhkan pertolongannya.

Arwah lelaki itu membuat Kat ketakutan. Dan walaupun Jac, sahabatnya, sangat bersemangat dengan kemungkinan berhadapan dengan pengalaman supernatural, Kat tidak yakin apakah dia ingin menolong bocah itu – bahkan, walaupun dia berniat untuk melakukannya.

Hampir mirip dengan seri Mediatornya Meg Cabot, hanya saja tanpa ada unsur romantisme. Dan karena saya baru baca The Vampire Academy sebelum baca buku ini, saya jadi nangkep kemiripan, sama sama ada adegan horornya. Yang bikin saya takut adalah ketika Kat masuk rumah itu untuk kedua kalinya trus digangguin, pintu lemari kebuka sendiri, ada suara kursi diseret, wuaaa…serem.

Padahal sebenernya gak serem serem banget. Seperti mediator, hantunya itu jahat, mungkin agak sedikit caper juga. Oh ya! Satu lagi novel yang bertipe serupa. Riley Bloom. Dan satu lagi dari penulis Indonesia, mbak Lia A dalam seri Seoulmate. Secara, kerjaan Riley, Suze (The Mediator), Kim Sun (Seoulmate) dan Kat (Suddenly Supernatural), adalah ngebujukin hantu hantu yang berkeliaran supaya move on ke alam baka. Makanya meskipun menceritakan hantu, gak sehoror Goosebumps, karena hantu disini digambarkan lebih ke unsur psikologisnya, bukan keseremannya. Mereka itu ogah melanjutkan hidupnya di akhirat, karena masih punya urusan didunia atau karena masih pengen main main di dunia. Jadi paling mereka itu ngamuk ngamuk, nakut nakutin, tapi pada akhirnya mereka sama aja kaya manusia biasa yang masih hidup. Beda sama hantunya Goosebumps yang emang ada untuk meneror dan menakuti nakuti.

Disini, Kat menolong Tank, yang sosok hantunya dia temui di rumah kosong sebelah rumahnya. Namun entah kenapa, saya kurang menikmati ceritanya. Mungkin karena karakternya kurang kuat, atau ceritanya terlalu biasa, atau karena terjemahannya. Yang jelas meskipun bergenre serupa dan tebal bukunya sama, cerita ini gak semenarik dan seseru Riley Bloom. Suddenly Supernatural lebih ke children literature karena ceritanya simpel, sederhana, dan bahasanya ringan, sedangkan Riley Bloom lebih ke Young Adult, meskipun seinget saya usia tokohnya sepantaran.

Advertisements

One thought on “[Book Review] Scaredy Kat (Suddenly Supernatural #2)

  1. Pingback: [RC Progress (January)] Finding New Authors Reading Challenge 2013 | Book Stacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s