Children Literature / Gramedia / I for "The Title" / Mythology / Uncategorized

[Book Review] Invisible City (Joshua Files #1)

6563516Title : Invisible City (Joshua Files #1)

Author : MG. Harris

Publisher : Gramedia
kau memasuki zona teori konspirasi

Blog ini milik:

Josh Garcia

Tentang aku:

Aku anak laki-laki arkeolog Meksiko (Dad)

dan dosen sejarah Inggris (Mum)

ENTRI BLOG:

Beberapa minggu lalu, aku hanyalah cowok biasa. Cowok yang suka mendengarkan Green Day, Arctic Monkeys, dan Nirvana. Cowok yang ikut kelas capoeira dan lumayan jago melancarkan tendangan putar.

Tapi suatu hari Dad dilaporkan meninggal dalam kecelakaan pesawat, dalam salah satu perjalanannya untuk meneliti reruntuhan Maya di Meksiko. Benarkah itu kecelakaan? Kenapa email-email terakhir Dad sepertinya menunjukkan sebaliknya?
Kebetulan banget pas lagi penasaran sama serial ini, pas lagi ada sale di gramedia. Ceritanya sendiri cukup seru, saya suka karena gak ada unsur ‘konten dewasa’nya dan petualangannya terasa sekali. Sebuah penyegaran membaca cerita anak yang penuh petualangan, seru, dan menegangkan. Mirip dengan serial Bartimaeus, tanpa ada unsur komedi di dalamnya.

Agak tercengang juga dengan tokoh Joshua yang (kalau tdk salah) baru berumur 12 tahun tapi telah terlibat sebuah petualangan yang sebegitu kompleks. Ayahnya meninggal, yang Joshua yakin ada yang aneh dengan kematian ayahnya. Email ayahnya yang membahas mengenai sebuah misteri Surat Calakmul yang diyakini merupakan petunjuk untuk menemukan Codex IX, seorang misterius yang membobol rumahnya dan mendahuluinya di took buku, serta mimpinya akan kematian kakeknya dan kata kata yang misterius; ‘Panggil sang Bakab Ix. Kadang gemes juga liat kelakuan Joshua yang kebanyakan mikir dan kayaknya lemah banget, tapi saya lalu sadar bahwa itulah yang menunjukkan bahwa Joshua itu masih tetap seorang anak kecil.

Saya kurang suka layout dan font blognya Joshua. Padahal judul seri ini Joshua Files, tapi saya kurang tertarik sama isi blognya Joshua. Angan angan saya ketika baca judul serinya ini adalah isinya seperti sekumpulan bundel, kliping atau scrapbook. Ternyata meleset jauh, hehehe.. Overall saya kurang greget sama adegan adegannya, ceritanya (atau gaya bahasanya), seperti yang saya rasakan ketika membaca Bartimaeus atau buku lain karangan Rick Riordan (yang notabene genrenya hampir serupa), tapi petualangannya terasa banget kok dan lumayan membikin penasaran untuk diikuti. Saya sih berharapnya, buku buku selanjutnya (yang skrg ada 5 buku) bisa lebih bagus dan lebih berkesan.

Advertisements

2 thoughts on “[Book Review] Invisible City (Joshua Files #1)

  1. Pingback: [RC Progress (January)] Finding New Authors Reading Challenge 2013 | Book Stacks

  2. Pingback: [RC Progress (March)] New Author RC 2013 | Book Stacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s