Uncategorized

[Book Review] The Secret Life of Bees

Image

by Sue Monk Kidd

Paperback, 428 pages
Published December 5th 2012 by Gagas Media (first published January 28th 2002)
 
Sinopsis (taken from Goodreads)

Kamu harus menemukan seorang ibu di dalam dirimu. Bahkan, kita semua sebaiknya melakukan hal itu. Sekalipun kita memiliki seorang ibu, kita tetap harus menemukan bagian ini di dalam diri kita sendiri.

Berlatar di Carolina Selatan pada musim panas tahun 1964, saat Undang-Undang Hak Sipil dan kerusuhan rasial tengah ramai dibicarakan. Di sebuah perkebunan persik, Lily Owens, gadis empat belas tahun, menghabiskan seluruh hidupnya untuk menghadapi ayah yang kejam dan pemarah sekaligus merindukan ibunya yang meninggal secara misterius ketika ia masih berusia empat tahun.

Setelah berhasil meloloskan Rosaleen—pengasuh kulit hitamnya yang dipukuli para rasialis ketika hendak pergi ke kota menggunakan hak suaranya—dari rumah sakit, Lily memutuskan kabur. Ia membawa lari Rosaleen ke Tiburon, nama kota di Carolina Selatan yang tertera di balik gambar Maria berkulit hitam milik mendiang ibunya.

Di kota yang menyimpan masa lalu ibunya inilah Lily bertemu tiga orang kakak-beradik eksentrik pemilik peternakan lebah. Kehidupan baru Lily pun dimulai. Ia tak hanya menemukan rumah yang hangat dan cinta yang tulus, tetapi juga kekuatan untuk berdamai dengan diri sendiri. Tak hanya itu, di sini pula Lily menemukan para ibu. Para perempuan yang tak melahirkannya, tetapi mengajarkan kepadanya bahwa ibu ada di diri setiap orang.

Comments:

Bukan termasuk genre yang saya sukai, namun ternyata saya menikmati ceritanya. Awalnya memang agak membosankan, namun setelah Lily masuk ke peternakan lebah, dengan semua karakter unik yang muncul di Rumah Merah Muda, keadaan menjadi lebih menarik. Akhirnya, saya sedikit jatuh cinta sama peran perannya, May, June, juga August. Meskipun agak berbau agama lain (Bunda Maria), tapi saya tertarik mendengar cerita ‘Black Maria’. Katakanlah, seluruh cerita yang ada di buku ini fiksi dan tidak ada unsur keyakinan pada cerita maupun kepercayaan tertentu.

Untuk penggemar novel Klasik, pasti buku ini termasuk salah satu favorit kalian. Btw, ternyata buku ini sudah diadaptasi menjadi sebuah film lho! Pemerannya Dakota Fanning dan Queen Latifah, juga ada Alicia Keys. Hmm karena saya baru baru ini ngefans dengan Dakota Fanning, saya jadi semangat banget mencari filmnya. Ada yang punya DVDnya? Saya nyari filmnya di abang & mbak DVD bajakan, nggak ada. Saya juga liat liat situs download film online, tapi downloadnya susah. *nyakar nyakar tanah*, ada saran?

Rating for this book: 8/10

Advertisements

2 thoughts on “[Book Review] The Secret Life of Bees

    • Hmm, nggak begitu ngerti apa maksud latar sejarahnya, cuman diceritain suasana saat itu yang konflik antara kulit hitam dan kulit putih, dan sejarahnya Black Maria yang menurut aku cukup unik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s