Uncategorized

[Book Review] Udah Putusin Aja

Udah Putusin Aja by Ust. Felix Y. Siauw 
4.41 / 5  (308 ratings)

Publisher : Mizania
Release Date : February 14th 2013 by Mizania
Format : Paperback, 180 pages
Source : Gramedia Pondok Gede, Rp 59000
Genre : Religion

Islam tidak pernah mengharamkan cinta. Islam mengarahkan cinta agar ia berjalan pada koridornya. Bila bicara cinta di antara lawan jenis, satu-satunya jalan adalah dengan pernikahan, yang dengannya cinta menjadi halal dan penuh keberkahan. Sebaliknya, Islam melarang keras segala jenis interaksi cinta yang tiada halal. Bukan karena apa pun, tapi karena Islam adalah agama yang memuliakan manusia dan mencegah kerusakan-kerusakan yang akan terjadi pada diri manusia itu sendiri.

Sialnya, kaum Muslim kini hidup dalam kungkungan masyarakat yang sebagian besar salah kaprah dalam cinta. Karenanya tidak dikenal lagi kesakralan pernikahan dan kesucian diri, apalagi kehormatan dan kemuliaan jiwa. Semua sudah terganti dengan pergaulan bebas, ada yang menyebutnya pacaran, teman tapi mesra, dibalut dalam alasan kakak-adik, teman dekat, ataupun yang lainnya.

#UdahPutusinAja, sebab apa pun namanya, kelak akan bersaksi seluruh bagian tubuh di depan Allah. Karenanya, sedari dini mari mendidik cinta, mengajarinya agar ia bersemi dalam taat, bukan direndahkan oleh maksiat. Ajarkan cinta agar ia benar hingga membuat pemiliknya terhormat, bukan nista yang ditanggung karena terbuai cinta yang terlaknat.
_____________________
Buy this book on : BukuKita
_____________________

Saya selesai membaca buku ini hanya dalam waktu kurang dari satu jam. Dan jujur, buku ini berkesan banget. Berkesan karena sukses membuat saya tertawa sendirian di tengah keramaian menunggu mama belanja di sebuah Plaza di Bekasi.

Jujur, awalnya saya tidak berniat membeli buku ini karena merasa sudah tahu isinya dan intinya. Plus, topik yang diangkat yaitu seputar ‘pacaran’, sepertinya tidak cocok untuk saya yang Insya Allah berniat kesitu. Tapi ternyata jika dilihat dari segi tujuan membaca, buku ini pas banget untuk jadi bahan bacaan santai ataupun jadi bahan renungan sampingan. Bahasa yang dipakai penulis itu santai, diselingi guyonan, dan ‘gue banget. Uniknya lagi, gaya penulisannya pun tidak hanya satu arah, bukan hanya dari orang yang menyampaikan tapi juga yang ingin disampaikan pesannya. Misalnya

“Pacaran itu kan tanda cinta, Allah kan memerintahkan manusia untuk mencinta?”
Mulai puitis, bagus, tapi salah. Allah memang Zat yang penuh cinta karena Dia yang menurunkan rasa cinta bagi manusia.(Halaman 48)

Di buku ini, banyak halaman yang dibentuk dari komentar – tanggapan santai seperti itu sehingga saya merasa seru banget ketika membacanya. Komentar yang dibahas pun juga membuat saya tanpa sadar berfikir, ‘bener banget Ust. Felix, gue bakalan bilang kaya gitu..’. Tipe – tipe orang yang suka mencari alasan dan membantah gitu deh.. 🙂
Halaman yang berwarna dan gambar ilustrasi pada buku ini juga menambah ke-seru-annya. Eye catching banget lah pokoknya! 😀

Sayangnya, untuk materinya sendiri saya kurang begitu suka. Menurut saya masih kurang ringkas saja. Untungnya, selingan komik di beberapa halaman membantu saya untuk tetap tertawa dan melanjutkan membaca sampai habis. Kalau saya bisa menyatakan pendapat dalam dua kata, pertama saya akan bilang buku ini: seru dan lucu. Setelah itu, bermanfaat dan inspiring, tentunya.

My Rating :
 3 stars – This book was OK, read it if it sounds good to you
2 thoughts on “[Book Review] Udah Putusin Aja

Leave a Reply

